Dieng : Negeri di Atas Awan

by - 8:54 AM

Hai hai!
Kali ini gue bakal sharing ke kalian pengalaman gue backpacker berdua (banget) sama Destrin kemarin ke Dieng. Gue bakal coba ceritain selengkap mungkin tentang perjalanan gue kemarin dari Jakarta - Dieng - Jakarta lagi. Jadi buat kalian yang mau ke Dieng semoga informasi di blog gue ini bisa bermanfaat ya!

Story Behind This Trip

Sedikit cerita buat membuka post kali ini. Jadi, perjalanan kali ini adalah implikasi dari rasa penat ujian + rasa penat wacana jalan jalan yang tidak terealisasikan + alam yang sudah memanggil. Dari jauh jauh hari, sebenernya kelas gue udah merencanakan buat ngadain perpisahan kelas. Awalnya mau ke Malang. Trus tiba-tiba peminat nya sedikit. Akhirnya bikin wacana buat ke Sukabumi. Tapi ternyata peminatnya juga masih sedikit. Akhirnya memutuskan yang mau mau aja buat berangkat ke Malang. Gue termasuk orang yang kemanapun pergi nya pokoknya ikut. Karena udah haus akan jalan-jalan. Gakdeng lebay. Nah tapi karena satu dan lain hal, wacana ke Malang ini ngga jadi lagi. Akhirnya gue memutuskan untuk bikin liburan sendiri. Gue mulai browsing mengumpulkan segala informasi yang ada. Nah Sampai suatu saat, pas gue lagi refresh timeline line, muncul Destrin abis ganti home. Akhirnya gue putuskan buat greet Destrin dan ajak Destrin jalan-jalan. Dengan perjanjian, gaboleh wacana! Dan akhirnya perjalanan dimulai.

About Dieng

Dieng adalah kawasan dataran tinggi yang ada di Jawa Tengah. Nah Dieng ini juga kebagi 2. Ada yang masuk wilayah wonosobo, ada yang masuk wilayah Banjarnegara. Trus 1 atau 2 pilih aku atau dia hayo? OKE STOP DAN. Hm maaf maaf. Nah Dieng ini terkenal sebagai negeri di atas awan. Kalian baru akan bisa bener-bener meng'iya'kan julukan tersebut kalau kalian langsung datang ke Dieng. Bener-bener negeri di atas awan. Keren banget! Dan hawa nya sejuk banget. Buat kalian yang ngga terbiasa dengan suhu dingin, gue saranin bawa baju yang beneran anget. Pagi dan malem di sini dingin nya bakal cukup menusuk buat kalian yang ngga tahan dingin. Kalau gue karena gue emang suka suhu dingin, dan cukup terbiasa ngehadepin cowo dingin, jadi.....eh bentar. Hm abaikan part cowo dingin. Ya intinya kalau gue kemarin pakai baju ngga terlalu berlapis karena gue masih bisa menikmati hawa dinginnya.

Nah di Dieng ini juga banyak banget kawasan wisata yang bisa kalian datengin. Dari mulai bukit, kawah, telaga, sumur, candi sampe kebun teh. Menurut gue Dieng ini bener-bener kawasan yang gokil banget sih alam nya. Secara semuanya ada! Ga nyesel pokoknya kalau ke Dieng.

Ohiya selain itu orang-orang di Dieng juga ramah ramah. Syukur gue yang backpacker-an berdua Destrin bisa selama dari berangkat sampai pulang lagi. Tapi juga tetep harus hati-hati yaaa gaboleh ceroboh dan teledor.

How to Get There

Sebenernya ada beberapa cara yang bisa lo tempuh kalo lo mau ke Dieng. Semua nya bisa lo dapatkan secara lengkap di google. Di sini gue bakal cerita cara gue aja ya :") buat cara lain lo google aja deh pokoknya.

Gue memutuskan buat naik kereta dari Jakarta menuju Purwokerto. Nah harga tiket kereta nya juga bervariasi. Dari mulai 70 ribu - 300 ribu. Ya kalian bisa sesuain sama kantong kalian aja. Perjalanan Jakarta - Purwokerto ditempuh selama kurang lebih 5 jam.

Setelah sampai di Purwokerto, kalian harus naik angkot dulu menuju terminal bus Purwokerto buat ngelanjutin perjalanan ke Wonosobo. Kalian tanya-tanya aja sama orang-orang di depan stasiun, bilang mau ke terminal bis, mau ke Wonosobo. Naik angkot tarif nya 5 ribu. Dari stasiun menuju terminal, perjalanannya kurang lebih 15-30 menit.

Sampe di terminal bus Purwokerto, kalian pasti deh tuh disamperin orang-orang yang pada nanyain "kemana mba?" "Tegal mba?" "Yok mba mba" "Mba laper" "Mba cantik deh". Oke yang laper dan cantik ngga sih sebenernya. Gausah takut sama orang-orang yang samperin kalian. Cukup beri senyuman manis dan bilang "ngga pak, makasih:)" Nanti yang batu-batu biasanya jawab lagi "emang mau kemana sih?!" nah kalau gue sih jawab aja "udah ada yang jemput pak". Trus gue baru sadar. Kalo ada yang jemput ngapain gue ke terminal?!?! Yha. Pokoknya lo cari aja micro bus tujuan Wonosobo. Tarif nya 30 ribu. Dan perjalanan ditempuh selama kurang lebih 3 jam.

Sesampainya lo di Wonosobo, yang pertama harus lo lakukan adalah berdoa, bersyukur karena lo udah sampe Wonosobo:) Nah tapi perjalanan lo belum selesai. Lo masih harus naik micro bus menuju Dieng. Seperti biasa, gausah malu buat nanya. Tanya aja sama orang micro bus yang menuju Dieng. Tarifnya 10 ribu. Perjalanan menuju Dieng ditempuh kurang lebih 1,5 jam.

Jadi total perjalan dari Jakarta - Dieng makan waktu kurang lebih 10 jam :)

Where to Stay

Di Dieng ini banyak BANGET penginapan penginapan murah yang lagi-lagi bisa lo google:) hehe. Nah kali ini gue nginep di sebuah penginapan yang namanya  "Dieng Puspa Indah". Penginapan ini sangat gue rekomendasikan! Karena harga nya bersaing, tempatnya nyaman dan bersih, udah gitu karyawan nya baik baik!

Ada 3 tipe kamar di sini. Dari mulai 100 ribu, 150 ribu, sampai 200 ribu. Gue dan Destrin ambil kamar yang 150 ribu/malam. Kamar mandi nya di dalem, ada air anget nya juga kok. Ohiya. Dan penginapannya ada wifi nya:)))

Sebenenya ada sebuah penginapan yang eksis banget di Dieng. Namanya penginapan "Bu Djono". Nah penginapan ini bahkan udah direkomendasikan di travel blog dunia gitu sih katanya. Dan emang yang nginep di sana kebanyakan bule sih. Tapi gue memilih untuk menginap di "Dieng Puspa Indah" karena agak lebih rapih aja keliatannya tampilannya dari luar hehe.

Penginapan beres!

Where to Go

Naaah! Seperti yang udah gue bilang tadi, di Dieng ini banyak banget yang bisa dikunjungi. Tapi karena kemarin waktu gue terbatas, gue ga ngunjungin semua tempatnya. Gue bener-bener pilih yang udah direkomendasiin sama banyak orang aja. Ini dia.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir ini udah terkenal banget sebagai tempat yang sangat a m a z i n g kalau lo mau lihat sunrise. Dan kalau lo ke Dieng emang lo wajib banget sih liat sunrise dari bukit sikunir ini.

Gue mulai perjalanan jam 4 pagi. Trus lo harus tracking lagi ke atas bukitnya selama kurang lebih 15-30 menit. Jalanannya cukup menanjak. Tapi terkadang landai. Harus hati-hati ya. Kalau abis hujan suka licin. Pemandangannya bener-bener luar biasa! Kalian bakal bener-bener berasa ada di negeri di atas awan! Tempatnya luas, spot foto nyajadi agak banyak deh :P hehehe

Telaga Cebong

Telaga cebong ini telaga di mana kalian parkir kendaraan kalian sebelum kalian naik ke bukit sikunir. Jadi dari atas bukit sikunir ini bisa kelihatan juga telaga cebong ini. Banyak orang yang suka nge-camp di samping telaga cebong. Selain tempatnya asik, ya biar pagi-pagi nya bisa langsung naik ke bukit sikunir.

Bukit Ratapan

Gue agak lupa deh nama lengkap dari tempat ini. Tapi yang jelas, dari tempat ini kalian bisa lihat telaga warna yang suoer hits itu. Hm angle foto nya bakal sedikit mirip kalau lo foto di tebing keraton Bandung. Tapi jauh lebih keren ini karena pemandangan di bawahnya lebih epic! Hahaha.

Telaga Warna

Nah ini dia. Telaga yang super hits di Dieng. Jadi warna di telaga ini juga bisa biruuuu banget terkadang. Tapi bisa ijo juga. Ya tergantung kondisi alam pada waktu itu. Di sekitar telaga ini ada huta-hutan juga yang udah di buka jalannya. Bagus juga buat foto-foto :P

Kawah Sikidang

Nah kalo ini agak mirip gitu sih sama tangkuban perahu. Kurang lebih kaya gitu. Gue kemarin ke sini cuman duduk-duduk dan berpacu dalam melodi bersama gitarlele kesayangan gue yang gue baw aja sih. Biar syahdu aja suasananya. Hahaha.

Candi Arjuna

Apa ya yang bisa dideskripsiin dari tempat ini. Hm. Kompleks nya bagus, masuh hijau. Ohiya. Ada kuda! Hahaha. Yaaa kurang lebih sebagai mana komplek candi kebanyakan sih.

Kebun Teh Tambi

Nah kawasan kebuh teh ini agak misah dari kawasan-kawasan lainnya. Dan tetep, epic guys! Lagi-lagi gue dan Destrin lebih banyak duduk dan bernyanyi. Lagi-lagi biar syahdu. Edodoe.

Nah itu sih tempat-tempat yang gue kunjungi selama di Dieng. Harga tiket masuk ke tempat-tempat itu berkisar antara 7ribu-10ribu. Dan semuanya punya keindahannya masing-masing. Whoa?

About The Transportasion

Nah jadi di Dieng ini (di Dieng ya bukan menuju Dieng) ga ada kendaraan umum yang bisa kita naikin buat berpindah dari satu tempat wisata ke wisata lain. Nah rata-rata orang yang kesini itu pada sewa kendaraan. Kemarin gue sih punya 2 pilihan. Yaitu :
-sewa motor : 100 ribu/hari
-tour guide : 150 ribu/hari
atau
-sewa mobil + supir + bensin : 300 ribu/hari

Karena gue takut terlihat seperti cabe-cabean naik motor berduaan sama Destrin kalau naik motor keliling-keliling di sana, otomatis kalo gue mau naik motor gue harus bayar tour guide juga dong sekaligus yang nyetir motornya. Karena setelah dihitung-hitung jatuhnya beda sedikit selisihnya sama kalau sewa mobil, akhirnya kita milih buat sewa mobil.

Gue saranin buat kalian kalo cowo-cowo, mending sewa motor aja karena pasti lebih murah. Kalau rame-rame, lebih murah sewa mobil.

What to Eat

MAKANAN DI SINI MURAH-MURAH BANGET! gue ampe sedih loh :( *loh* Gue makan berdua sama Destrin ga pernah lebih dari 30 ribu. Bahkan waktu itu gue sarapan berdua Destrin cuman abis 23ribu. Udah pake ayam (ayam di sana daging nya banyak), tempe, sayur, teh anget, udah lengkap deh!

Untuk makanan khas sama, ada mie ongklok sama tempe kemul namanya. Tempe kemul ini mirip-mirip sama tempe mendoan. Harganya seribuan. Wajib coba!

Di Dieng ini sebagian penduduknya jadi petani kentang. Dan kentang di sana enak! Manisss dan besar besar banget. Waktu itu pagi-pagi gue nyobain kentang goreng di samping telaga cebong. Dan enak sekali! Pokoknya masalah makanan mah sejahtera deh di sini. Hahaha.

Our Story

Naaah. Tadi kan di awal gue udah cerita tentang latar belakar kenapa gue pergi berduaan sama Destrin, gue juga udah cerita tentang info info buat ke dan di sana. Sekarang gue mau ceritain cerita-cerita tentang perjalanan gue sama Destrin yang penuh canda tawa! Hahaha.

Jadi gue sama Destrin itu mulai perjalanan dari stasiun pasar senen jam 10.30. Gue sama Destrin ini pergi cuma modal nekat. Ga ada yang pernah pergi berdua doang, ga ada yang pernah ke sana sebelumnya, pokoknya cuma modal niat, nekat, info dari google, dan rasa haus liburan! hahaha. Let'ssss go.

Nyampe di stasiun Purwokerto sekita jam setengah 5. Abis itu kebingungan gatau musti naik bus menuju Wonosobo nya dari mana. Udah gitu begitu keluar stasiun orang-orang udah langsung nyamperin "yok mba, kemana mba" pingin gue jawab "saya dimana saya siapa saya mau kemana". wkwkkw gak deng. Akhirnya gue dan Destrin nanya ke tukang parkir, dan ternyata katanya disuruh naik angkot dulu. Terminal bus nya agak jauh, makan waktu setengah jam. Yang sebelumnya gue kira begitu keluar stasiun Purwokerto langsung ada bus yang menuju Wonosobo nya. Ga tau nya ngga.

Sampe di terminal purwokerto langsung disamperin orang-orang lagi. Hahahaha. Akhirnya gue menemukan bus menuju Wonosobo. Setelah tanya-tanya berapa lama perjalanan dan gimana cara ke Dieng, katanya perjalanan kurang lebih 3 jam dan ke Dieng naik micro bus. Tapi kalau udah malem ngga ada micro bus. TADA :D Setelah tanya-tanya ke pihak penginapan gimana caranya ke Dieng, akhirnya kita sepakat buat dijemput oleh pihak penginapan.

Sebenernya ada taksi / ojek juga kalo lo mau ke Dieng. Tapi setelah dihitung-hitung bakal lebih murah kalo minta jemput sama pihak penginapan. Yha jalan-jalan gue kali ini sama Destrin memang banyak perhitungannya yha. Ahahaha. #barukelarUN #belompunyakerjaan #apalagigaji

Nah akhirnya gue sampe di Wonosobo sekitar pukul 8. Udah sepi banget boi....Gue mau nyebrang jalan sambil merem kayanya juga aman deh. Gak deng lebay. Ya kalo ada mobil lewat bisa mati juga sih gue ketabrak. Tapi asli udah sepi banget di Wonosobo. Gue diturunin di pemberhentian terakhir di malam itu. Orang-orang biasa sebut tempat nya 'plaza'. Itu kaya alun-alun gitu sih. Sembari nunggu pihak penginapan yang bakal jemput, makan sate dulu deh gue dipinggir jalan. Iya dipinggir ya, jangan di tengah jalan. Nanti kali ada mobil gimana hayo?

Setelah makan sate, main-main gitarlele dulu. Hahahaha. Abis itu jemputannya dateng. Perjalanan ke Dieng cukup naik dan turun dan belok dan ketemu mobil mogok (?) loh. Tapi yang paling penting......BANYAK BINTANG!!!!! AH. Gue tau gue sangat terlihat seperti anak kota yang norak banget jarang liat bintang. Tapi gue segitu noraknya. Gue emang suka banget ngeliat bintang yang super banyak, dan ngeliat cityscape. Gue senyum-senyum sendiri malem itu. Padahal jomblo. Gapapa.

Sampe penginapan langsung pesen mie rebus pake cabe rawit:D sedap dan syahdu, ehem. Setelah perbincangan panjang sama mas Herman (yang punya penginapan, baik banget orang nya, jadi naksir, LOH, ngga ngga), akhirnya kita deal dengan tempat-tempat wisata yang akan kita kunjungi (yang udah gue paparin di atas sebelumnya).

*skip cerita-cerita tempat wisata karena udah gue jelasin di atas, nonton video ini aja*

2 hari di sana seru banget sih buat gue. Somehow gue ngerasa ya pas banget lah pergi sama Destrin. Pertama dia ga ribet. Kedua dia mau maklumin gue yang cupu ini. Pas tracking banyak minta istirahat hahaha. Ketiga dia sama banget sama gue, concern sama penampilan! Hahahaha. Yha jalan-jalan isi dompet boleh gembel, tapi OOTD tetep nomor 1 dong. Hahahaha. Trus Destrin juga sama-sama banci foto kalo udah di tempat yang pecyaaah. Tapi juga tetep punya moment di mana cuman mau duduk aja dan diem. Yha sama deh sama gue. Milih partner yang pas buat jalan-jalan emang penting guys.

Di hari terkakhir, kita keluarin sisa uang yang kita punya. Dan setelah dihitung-hitung (lagi-lagi perhitungan hahaha), kalau dikurangin sama untuk ongkos balik ke Purwokerto nanti, uang kita kalo digabungin yaaa sekitar.....80 ribu lah. Hahahaha. Ini gue ama Destrin udah banyak ketawa aja mikirin uang 80 ribu ini harus cukup buat makan siang, bayar angkot, makan malem buat berdua. Karena kereta kita jam setengah 11 malem, dan jam 3 kita udah sampe di Purwokerto lagi.

Begitu sampe di Purwokerto, tiba-tiba hujan:) HIHIW. Kita mutusin buat turun di alun-alun dan cari tempat makan. Akhirnya makan lah kita di sebuah tempat makan yang namanya "Sae Niki". Perut kenyang nih. Pas bayar, alhadulillah cuman 30 ribu buat berdua. Hahaha. Jadi sekarang sisa uang kita 50 ribu. Ingat, bu-at ber-du-a. Rencana awalnya mau duduk di Sae Niki sampe jam 4, abis itu mau ke alun-alun sampe jam 7 malem dan makan malem dipinggir jalan aja. Tapi setelah ngobrol sama mba-mba tempat makan, angkot di situ cuman beroperasi sampe sore aja. Kalau udah malem udah ngga ada angkot. Lalu gue dan Destrin panik. Bukan karena takut gabisa balik ke Purwokerto. Tapi karena takut gapunya uang buat bayar transportasi lain selain angkot. Hahahaha. Berhubung hujan juga kita gabisa ngapa-ngapain di alun-alun, akhirnya gue dan Destrin langsung ke stasiun dengan ekspektasi bisa langsung masuk dan duduk di ruang tunggu. Kebetulan gue pulang naik kereta eksekutif, jadi bisa masuk ruang tunggu.

Sekitar jam 4 kurang kita sampe stasiun dan langsung mau masuk. Trus ternyata, kalo mau masuk itu baru boleh 1,5 jam sebelum keberangkatan loh :)))))) waw:)))))) masih 7 jam menuju kereta kita:))))) mau nonkrong di restoran di stasiun, uang kita gabakal cukup. Nyari warung kecil di sekitar stasiun, tapi ngga ada:))) Akhirnya duduk di luar deh, di tempat orang-orang nganterin. Udah gitu pas gue mau solat ashar, cari musolah kan tuh. Ternyata musolah nya adanya di dalem loh:))) dan gue coba nego ama satpamnya buat masuk dari pintu keluar, tapi gaboleh:)))) kadang-kadang gue jadi pingin punya muka kaya Dian Sastro. Coba kalo gue mirip Dian Sastro, gue pasti gausah cari masjid keluar stasiun di bawah rintik hujan. Pasti sebelum gue izin, mas mas satpam nya udah langsung "jangankan solat, mau masuk langsung ke dalem kereta juga ayok saya anter". Oke lagi-lagi lebay.

Abis solat ashar, gue nyamperin Destrin lagi. Sesekali tiba-tiba tatap-tatapan mikir "berapa jam lagi ini woy". Wkwkwkwk. Destrin udah jalan bolak balik bolak balik, gue udah main main gitarlele gue sampe di 'ssstt' in sama penumpang lain, Destrin udah ngecas hape 2x, pas liat jam, masih jam 5. Ahahahaha. Gila. Dan kereta gue jam setengah 11 malem. Gue baru bisa masuk ruang tunggu jam 9 malem. Gue jalan-jalan ke luar lagi. Balik-balik gue nyamperin Destrin dan pasang muka serius. Destrin coba nelaah gue  mau ngomong apa. Tiba-tiba gue bilang, "Roti sobek 15 ribu, Sponge 10 ribu, pop mie 5 ribu. Barusan gue ke indomaret liat harga". Terus berdua cekikikan gara-gara mau makan mikir dulu. Hahaha.

Kita ngeluarin uang kita untuk itung sisa uang. Dengan sabar kita ngerapihin uang kita yang penuh 2 ribuan dan ditambah beberapa uang logam itu. Pas diitung-itung (lagi-lagi perhitungan), sisanya tinggal 40 ribu. Gue sontak "Loh kok tinggal segini Des?", dengan muka serius. Destrin tiba-tiba mukanya juga serius dan coba inget-inget pengeluaran kita. "Tadi kan 80 ribu. Trus makan kan 30 ribu. Trus naik angkot 10ribu.......ya bener Dan! wkwkkwkwk" "ohiya deng emang uang kita tinggal segini ya wkwkwkwkwk".

Jam 7 gue akhirnya beli 1 roti sobek dan 1 aqua botol. Buat makan berdua. Berdua saja seperti kata payung teduh. Dan ngga kerasa akhirnya udah pukul 9 dan udah bisa masuk ke ruang tunggu :D Karena masih ada sisa uang, Destrin beli pop mie lagi. Dan akhirnya gue sama Destrin berhasil selamat dengan sisa uang yang ngga sampai 50 ribu itu :D (masih ada sisa 13 ribu pula. Yes.)

Dan perjalanan gue dan Destrin akhirnya selesai :D 3 itu bukan sekedar tentang jalan-jalan. Tapi juga tentang menyadari kebesaran Tuhan dan mensyukuri segala nikmat-Nya:)

Semoga post gue kali ini bisa bermanfaat buat kalian yang mau di Dieng ya! Sampai jumpa di jalan-jalan selanjutnya!:)