DIY Personal Journal

by - 1:29 PM

Halo!
Sebenernya udah lama sih mau bikin tutorial ini. Tapi ngga sempet mulu karena kemarin-kemarin sibuk dengan bimbel dan bimbel dan bimbel. Anyway alhamdulillah gue keterima di fakultas psikologi Universitas Airlangga, Surabaya. Jadi ya bimbel bimbel bimbel yang sampe gue ngkos itu ngga sia-sia lah ya. Hahaha.

Back to the topic, tadi nya gue sempet kepikiran sih buat rutin gitu sebulan sekali at least bikin tutorial barang-barang DIY yang gue bikin. Tapi kayanya belum bisa nyempetin waktu nya. Jadi mumpung sekarang ada waktu, gue bakal sharing cara bikin Personal Journal yang waktu itu udah pernah gue share di instagram sama di path.



Bikin Personal Journal ini cukup mudah kok. Gue bakal bagi proses nya jadi 4 bagian. Yang pertama design, yang kedua cara bikin body part nya, yang ketiga cara bikin sampulnya dan yang terakhir cara menyatukan semua bagian itu menjadi sebuah buku.

Yang kalian butuhkan yaitu :
-Kertas
-Benang
-Jarum
-Karton (yang keras)
-Lem
-Gunting / Cutter

Nah ini gue kasih foto proses nya. Baca nya dari kiri atas ke kanan yaaa. Dan kita mulai bagian yang pertama.



Design

Soal design ini kalian bisa bikin bebas sesuai keinginan kalian. Dari mulai cover nya mau gambar apa, kertas isi nya mau polos atau mau bergaris atau bahkan kotak-kotak kaya yang gue bikin, pokoknya bebas sesuai dengan kebutuhan kalian. Yang gue bikin itu emang sengaja gue bikin kotak-kotak karena tujuan gue bikin Personal Journal itu adalah buat nulis to-do list gue per hari selama seminggu. Nah kalau kalian bikin tujuannya mau buat gambar misalnya, kalian bisa biarin kertas isi nya polos gitu aja.

Masalah pemilihan kertas nya juga bebas kalian mau pake kertas apa. Kalo gue pake kertas hvs biasa, cuman gue pake yang warna nya coklat muda diselingi sama warna merah, biar pas sama cover yang udah bikin. Nah kalau kalian udah selesai dengan urusan design mendesign nya, sekarang lanjut bikin body part atau isi nya.

Body Part

Buat isi nya ini, pertama, kalian lipet jadi 2 kertas kertas yang udah kalian siapin. Setelah itu, kalian bikin jadi beberapa grup kertas. Setiap grup adalah gabungan dari 5-7 lembar kertas. Nah nanti beberapa grup kertas yang udah kalian bikin itu, bakal kalian gabungin, kalian jait, kalian lem, dan jadi isi dari buku kalian!

Cara jait nya kaya gini :


Setelah semua grup nya di jait, nanti kurang lebih hasil nya akan kaya gini :


Supaya semua kertas nya lebih menyatu dengan baik, sisi samping dari isi buku itu harus kalian lem. Gue sih kemarin pake lem tembak, soalnya daya rekat nya bagus. Sekarang isi buku kalian sudah jadi. Kita lanjut bikin cover nya.

Cover

Pertama, yang harus kalian lakuin adalah potong karton yang udah kalian siapin jadi 3 bagian; cover depan, sisi samping, cover belakang. Setelah itu, kalian tempel karton nya di atas kertas cover yang udah kalian siapin sebelumnya. Layout nya kaya gini : 


Kalian lipet ke dalem sisi-sisi samping nya dan cover kalian sudah jadi!

Bagian Terakhir

Bagian terakhir adalah menyatukan semua nya menjadi sebuah buku. Caranya, kalian tinggal taro body part yang kalian udah bikin di atas cover, kemudian kalian lem. Lem nya harus rata, supaya antara cover dan body nya ga ada bagian bagian yang timbul karena lem nya ketebelan di beberapa bagian. Setelah semua nya udah kalian lem dengan baik, TADAAAA Personal Journal kalian udah jadi deh!


Sebenernya dari semua proses nya, yang paling sulit tuh cuma ngumpulin niatnya. Hehe. Selebih nya udah gampang kok. Kalo kalian bisa bikin sendiri sesuai dengan selera kalian (dan pasti nya dengan biaya yang lebih murah ;P) ngapain kalian perlu beli di toko buku?

Semoga postingan ini bisa membantu ya! Kalau tutorial nya kurang jelas, bisa nanya di comment box ya! Mungkin setelah ini gue akan share di blog gue juga tutorial nge make over kursi belajar gue :



Thanks for reading!:)



You May Also Like

0 comments