Antara Tuntutan, Nilai dan Kemampuan

by - 8:26 PM

Fyuh fyuh fyuh.
Akhirnya ujian tengah semester 2 selesai juga. Setelah 10 hari yang kepotong jadi hampir 3 minggu akhirnya ujian selesai juga. Legaaa~ tinggal nunggu hasil nya aja nih.

Hmm. Ujian kali ini gue mencoba lebih work hard buat bikin progress. Semester 1 kemaren ya mungkin bisa dibilang masih masa transisi dari smp ke sma, masih kaget banget. Apalagi ngadepin sistem belajar di lingkungan yang nuntut lo buat selalu belajar no matter what. Nengok kanan ngambis, nengok kiri ngambis. Gue akuin berat banget sih emang.

Sebenernya gue sempet punya pemikiran, 'lo mungkin emang ngambis pelajaran, tapi apa lo punya life skill yang seimbang juga?' Hmm. Sempet agak kesel. Kalo boleh ralat sedikit, gue ngeliat anak jaman sekarang tuh lebih banyak yang ngambis sama nilai. Okelah keliatannya emang ngambis belajar, tapi kalo ditelaah lagi, mereka belajar buat apa? Dapet nilai. Iya nilai, bukan ilmu. Disini gue ga mau bilang semua diantara mereka kaya gitu, tapi bisa dikatakan mayoritas dari mereka kaya gitu.

Gue ngerti, saat lo ngambis pelajaran (buat nilai) lo emang bakal dapet ilmu. Tapi orientasi lo dari awal tuh udah salah. Lo mikir, 'kalo gue ga ngambis nilai gue gimana'. Menurut gue, ilmu yang lo dapet ga akan sebanyak saat lo emang niat dari awal pingin dapet ilmu, bukan sekedar nilai. Toh nilai suatu saat cuma jadi nominal.

Misal nih. Lo mau jadi arsitek. Lo dari sekarang udah ngambis di pelajaran pelajaran yang ada korelasi nya sama apa yang lo inginkan, yang menunjang keberhasilan lo mencapai apa yang lo inginkan.

Kalo gue ngeliat sekarang, banyak anak anak yang ngambis buat dapetin nilai, tapi kalo ditanya , 'mau jadi apa? Mau masuk apa?' Masih gatau. Ya yang penting punya nilai bagus aja dulu. Iya sih, main zona aman kan?

Suatu ketika gue pernah ngadepin ujian bahasa jepang. Jujur, gue ga siap bener bener ga siap. Karena itu lagi musim2 'sibuk' dan dari kelas lain juga katanya ga ujian. Tapi kelas gue ternyata ujian. Ya ga dipungkirin banyak lah yang kepepet liat sana sini. Termasuk gue. Mungkin sensei nya sadar. Dia bilang, 'saya lebih suka proses. Bukan nilai. Kenapa sih kalian sudah terpola buat nyari nilai nilai nilai'. Gue sempet mikirin kata2 beliau sejenak. Gue akhirnya jawab, 'karna kami udah dibentuk kaya gini sensei. Kami dituntut buat dapet nilai. Meskipun ilmunya belum tentu dapet'. Sensei nya jawab 'nah, itu yang salah'. Terus ada salah satu temen gue yang nyeletuk, 'iya sensei kata papa saya, saya harus masuk ipa jadi nilai nilai saya harus bagus semua'......jengjeng.

Gue bersyukur orang tua gue ga pernah nuntut gue yang macem-macem. Karna orang tua gue punya konsep, 'kamu tau apa yang kamu perbuat, kamu tau apa resiko dari yang kamu lakuin, kamu tau apa dampaknya buat kamu'. Jadi ya alhamdulillah sekarang tergantung gue aja. Gue mau ga jadi anak yang tau diri udah dikasih kepercayaan kaya gitu.

Sekali lagi gue bersyukur punya orang tua yang ngga terlalu banyak nuntut. Kalo gue denger cerita temen-temen gue, masih banyak dari mereka yang ngejalanin apa yang mereka jalanin sekarang cuma karena tuntutan dari orang tua. 'Orang tua gue mau gue blablabla'.

Sebenernya kalo gue berpendapat, biarin lah kita sebagai anak diberi kebebasan buat nentuin kedepannya kita mau jadi apa. Peran orang tua disini cuma pembimbing, ngga take over. Toh nanti lebih dari setengah hidup kita bakal kita jalanin sendiri. Ga mungkin kan masih dibawah orang tua terus? Dan lagi pula ngejalanin sesuatu yang pake hati toh hasilnya pasti akan lebih maksimal dibanding cuma karena tuntutan.

Coba deh kalian pikir. Disaat kalian udah punya nilai bagus bagus dan bagus. Trus? Apa itu jaminan lo bakal jadi orang sukses? Gue rasa ngga juga. Gue rasa tetep bakal kalah sama orang yang punya pengalaman banyak.

Kaka gue, dia lulusan S2 dan sekarang dia udah mau mulai kerja. Terus gue sempet denger percakapan dia sama nyokap gue. Gue mikir, kaka gue S2, mungkin gampang cari kerjaan dan mungkin bakal dapet kerjaan yang oke. Tapi ternyata kaka gue ngeluarin statement, 'ya buat orang yang baru kerja tapi zero experience mah pasti awalnya ga ada apa apa nya fee nya'. See? Bahkan S2 aja ga cukup. Tetep pengalaman yang lebih dibutuhin. Okelah seandainya nanti lo sukses, tapi yang bikin lo sukses menurut gue adalah kerja keras tanpa pernah putus asa sehingga lo bisa dapet pengalaman yang bisa jadi modal buat lo kedepannya nanti.

Sebagai anak kecil yang baru 16 tahun gue tau gue emang gabisa apa apa. Karena ya ini udah jadi mindset masyarakat masyarakat buat dapetin nilai yang bagus, sedangkan kemampuannya? Dipikirin lebih kecil porsinya dibandingin mikiri nilai.

Jadi ya sekarang gue cuma bisa ngikutin rules yang berlaku. Suatu saat kalau emang gue punya kemampuan buat ngerubah sistem yang selama ini ada, why not? But at least gue gamau nerapin sistem yang menurut gue salah ke anak anak gue nanti.

Wahaha mungkin postingan ini banyak yang ga setuju atau mungkin setuju. Yaaa gue cuma berusaha buat ngutarin apa yang gue rasa aja. Semoga bermanfaat yaw. Thanks for reading!

You May Also Like

1 comments