You Don't Know What You Have 'till It's Gone

by - 1:37 AM

“Kita ngga akan tau bagaimana rasanya sebelum kitabenar-benar ngalamin sendiri”
20 Januari 2016. 00.23 WIB
Kalimat di atas tiba-tiba datang ‘kembali’ ke dalam kepala gue.

Tahun 2012 – 2013 adalah tahun yang berat buat gue. Semua hal terasa ‘datang di saat yang bersamaan’ dan terasa ‘menumpuk jadi satu’. I was 15 going to 16 at that time. Di saat itu gue belajar banyak hal. Tentang bagaimana perlahan kita harus belajar sabar, belajar ikhlas, dan lain sebagainya. Tapi ada satu kalimat yang benar-benar gue dalami saat itu. Satu kalimat yang sebelumnya sekedar angin lalu buat gue, satu kalimat yang sebelumnya gabisa gue lihat makna nya secara dalam, satu kalimat “Semua tergantung niatnya”.

Gue yang pada saat itu cenderung punya emosi yang masih belum stabil, pelan-pelan belajar untuk mendalami kalimat tersebut. Di mulai dari merubah pola pikir, sampai belajar meredam emosi. Untuk menjalankan suatu hal yang kita tidak inginkan untuk terjadi memang bukanlah hal yang mudah, semua butuh proses. Akhirnya, dari masa berat yang gue alami pada saat itu, gue bisa mendalami apa yang selama ini orang-orang maksud dengan “Semua tergantung niatnya”. Ya, gue bisa karena pada akhirnya gue ngalamin sendiri.

Setelah masa itu, setiap gue menghadapi masalah dalam hidup gue, gue selalu berusaha mencari suatu kalimat / pengertian baru untuk gue dalami. Misalnya, sekarang gue paham apa yang selama ini orang-orang maksud dengan “Sabar dan ikhlas adalah sebuah proses panjang”, “Semua tergantung apa yang ada di pikiran kita”, “Setiap kejadian pasti ada hikmahnya”, dan lain-lain. Kenapa gue bisa paham maksud dari kalimat-kalimat itu karena gue pada akhirnya ngalamin sendiri apa yang orang-orang sudah pernah bilang. Ya, gue ngalamin sendiri.

Dan di malam ini, gue perlahan paham dengan apa yang selama ini orang-orang maksud dengan “kita tidak akan merasa benar-benar memiliki sesuatu sampai pada akhirnya kita kehilangan hal itu”.

Hari ini, tepat 7 hari setelah nenek gue meninggal. Setelah kedua kakek gue meninggal, gue punya 2 nenek yang berdomisili di Medan dan di Bekasi. Nenek gue yang tinggal di Medan adalah ibu dari Papa, sedangkan nenek yang ada di Bekasi adalah ibu dari Ibu.

Eyang Uti, begitu gue biasa manggil beliau. Eyang Uti adalah seorang perias pengantin. Tapi ngga hanya itu, Eyang Uti juga pinter di banyak hal seperti jait, masak, potong rambut, dan banyak hal lainnya! Karena beliau adalah perias pengantin,  jadi ngga usah diragukan lagi skill nya dalam menjaga penampilan. Karena menurut Eyang Uti, penampilan jadi salah satu nilai jual bagi seorang perias. Kalau penampilannya aja ngga representatif, gimana orang lain mau minta kita riasin.

Ngga cuma secara penampilan, tapi secara fisik EyangUti juga tergolong kuat di umurnya yang sudah kepala 6. Eyang Uti masih kuat diajak umroh, masih kuat ke Eropa, masih kuat ke tembok Cina, bahkan masih bisa kemana-mana sendiri naik kendaraan umum.

Gue cukup dekat dengan Eyang Uti. Kalau Ibu lagi bawa EyangUti jalan-jalan, biasa nya gue ikut supaya Uti punya temen ngobrol. Terlebih lagi, ketika gue mulai memasuki usia ‘genit-genitnya’. Karena gue tau nenek gue adalah seorang perias pengantin, maka orang uti adalah orang yang seringggg gue tanya-tanyain masalah make up. Dari mulai urutan pake make up yang bener, merk merk yang low sampe high end, cara milih foundation yang bener, dan lain sebagainya. Sampai suatu ketika pas gue ulang tahun, Eyang Uti kasih gue kado make up boxdan gue seneng b a n g e t.

Setiap menjelang ujian apapun, gue pasti selalu kabarin Eyang Uti buat minta didoain. Dan akhirnya, gue harus pindah ke Surabaya karena rejeki kuliah gue ternyata di Surabaya. Setelah gue pindah ke Surabaya, gue jarang ketemu Uti, cuma sesekali aja Uti telfon atau gue telfon untuk tanyain kabar. Makanya setiap pulang ke Jakarta, gue pasti disuruh nyokap buat nyempetin mampir ke rumah Uti, karena Uti nanyain gue terus. Kepulangan terakhir gue ke Surabaya, Uti ikut anter ke bandara. Uti bahkan anter gue sampai gate sebelum gue check in. Sebelumnya, Uti ada niatan buat main ke Surabaya, mau liat kosan gue katanya. Tapi belum sempet kesampean, tiba-tiba gue di Surabaya dapet kabar kalau Uti sakit.

Keadaan Uti semakin hari semakin memburuk. Bahkan Uti harus mendapatkan penanganan cuci darah. Setelah semua urusan gue di Surabaya selesai, gue langsung pulang ke Jakarta. Sehari sebelum kepulangan gue, Ibu kabarin kalau keadaan Uti hari itu membaik. Tapi ntah kenapa, perasaan gue justru ngga enak di hari itu. Kesokan hari nya, subuh-subuh Ibu kabarin kalau Uti masuk ICU. Maka dari itu, setelah mendarat di Jakarta, gue langsung ke rumah sakit sebelum pulang ke rumah. Sampai di rumah sakit, gue lihat semua anak-anak Eyang Uti udah kumpul.

Setelah Uti dipasangin alat-alat banyak banget (gue gatau apa aja), gue dikasih kesempatan buat masuk ke ruangan tempat Uti dirawat. Ngeliat Uti dengan semua alat yang ada di badannya, bikin gue ngga tega, dan akhirnya, air mata gue pecah. Gue ngajak Uti ngobrol, gue doain Uti, dan ketika gue mau keluar, somehow gue ngerasa kalau Uti ngga mau ditinggal sendirian. But since suster nya galak, jadi gue keluar.

Keesokan hari nya, sekitar jam 3 sore, gue dapet kabar kalau Eyang Uti udah ngga ada. Gue dari rumah langsung ke rumah sakit. Ngga ada air mata sedikitpun. Bahkan gue yang dari rumah sakit ke rumah Uti ikut di dalem ambulan sama Ibu, masih ngga nangis sedikitpun. Tapi ketika Uti mau dimasukin ke liang lahat, semua memori rasanya langsung dateng. Dari mulai dibeliin kado, jalan-jalan bareng, sampe kesedihan-kesedihan karena ngga sempet nemuin Uti sebelum Uti ngga sadar. Gue nangis kejer.

Gue emang ngga tinggal se rumah sama Uti, gue emang ngg asetiap hari ketemu Uti, dan gue juga ngga setiap saat ngobrol banyak sama Uti. Tapi setelah Uti ngga ada ini, gue baru ngerasa kalo selama ini Uti selalu berusaha ngelakuin apupun supaya cucu cucu nya seneng. Sekarang, gue bener-bener ngerasa kehilangan Eyang Uti. Ya, pelan-pelan malam ini gue paham dengan apa yang selama ini orang-orang maksud dengan “kita tidak akan merasa benar-benar memiliki sesuatu sampai pada akhirnya kita kehilangan hal itu”. Karena ya, gue akhirnya ngalamin sendiri.

“Kita tidak akan merasa benar-benar memiliki sesuatu sampaipada akhirnya kita kehilangan hal itu”

coba dibaca pelan-pelan.

As simple as this. Sering ngga sih kalian naro hp sembarangan, tapi giliran kalian udah keilangan itu hp, baru deh pusing sendiri, sedih. Pernah ngga sih kalian nyuekin keberadaan seseorang, tapi giliran orang nya udah ga ada disekitar kalian, kalian baru ngerasa kangen sama kehadiran orang itu? As simple as those things.

Kita ngga akan bener-bener ngerasa memiliki sesuatu sebelum akhirnya kita kehilangan, dan kita ngga akan bener-bener tau rasa nya sebelum kita ngerasain sendiri.

Meskipun mungkin kalian belum ngerasain sendiri apa yang gue rasain sekarang, tapi mulai lah belajar menghargai kehadiran setiap orang yang ada di sekitar kalian, karena kalian ga akan tau kapan orang itu bakal ninggalin kalian. Hargai setiap waktu, karena waktu adalah hal berharga yang ngga bisa diulang dua kali.

Semoga semua yang gue tulis di malam ini bisa jadi bahan belajar buat kita semua. Sekali lagi, jangan pernah menyia-nyiakan kehadiran orang yang ada di sekitar kalian, terlebih lagi mereka yang peduli terhadap kalian.



PS.
Uti, terima kasih buat semua yang udah pernah Uti lakuin, Uti ajarin ke aku. Semoga Uti diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya. Amin. Selamat jalan, Eyang Uti Cantik.


You May Also Like

4 comments

  1. yeah, sayangnya banyak hal yg udh pergi gak bisa didapet lagi.

    ReplyDelete
  2. Yang sabar ya, Kak Danti! Semoga Kak Danti dan keluarga diberikan ketabahan, dan semoga Uti diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiin :)

    ReplyDelete